in ,

LOVELOVE

6 Alasan yang Membedakan Going Seventeen dari Idol Reality Show Lain

Belakangan ada ratusan grup yang eksis di kancah musik K-Pop, banyak grup berusaha untuk tetap ‘dekat’ dengan penggemar bahkan selama masa hiatus sehingga fans tidak ‘melupakan’ grup tersebut saat mereka menyiapkan comeback selanjutnya. Tren juga telah bergeser ke era di mana idol tidak hanya dituntut untuk mahir menyanyi atau menari, tetapi juga harus menghibur. Banyak idol group memanfaatkan reality show untuk tetap ‘dekat’ dengan fans atau bahkan menarik penggemar baru dengan menunjukkan tingkah kocak mereka dalam kehidupan sehari-hari.

Salah satu idol reality show paling terkenal belakangan ini adalah ‘Going Seventeen’ oleh boy group beranggotakan 13 member yakni Seventeen. Acara yang sudah tayang sejak 2017 ini mendapatkan popularitas yang luar biasa di tahun 2020 dengan konten-konten kocak setiap minggunya. ‘Going Seventeen’ ditayangkan melalui saluran Youtube resmi Seventeen setiap hari Senin pukul 22:10 KST. Di era awal penayangannya, acara ini menayangkan behind the scene konser atau menampilkan kehidupan sehari-hari para member. Namun, acara tersebut perlahan merubah formatnya. Pada tahun 2019 ‘Going Seventeen’ menentukan tema untuk setiap episode seperti traveling, game, atau talk show sambil tetap menayangkan cuplikan konser setiap beberapa minggu sekali.

Sumber: Seventeen Official Twitter

Selama pandemi virus corona 2020, ketika perjalanan ke luar negeri dilarang dan konser menjadi suatu hal yang mustahil, ‘Going Seventeen’ sepenuhnya mengubah formatnya menjadi reality game show. Format baru ini mendapatkan sambutan hangat di kalangan penggemar K-Pop domestik dan internasional tahun lalu, bahkan menarik perhatian penonton yang sejatinya bukan penggemar Seventeen. Konten yang awalnya ditujukan untuk fans Seventeen yakni Carat, perlahan berubah menjadi konten yang dinikmati semua penggemar K-Pop di seluruh dunia, acara tersebut bahkan memiliki penggemarnya sendiri (penggemar ‘Going Seventeen’ menyebut diri mereka Cubic).

Inilah penjelasan mengapa ‘Going Seventeen’ berbeda dengan idol reality show lain serta bagaimana mereka selalu membuat kita terhibur bahkan di tengah masa pandemi.

Sumber: Seventeen Official Youtube

  • Ide Konten Dari Para Member

Dalam salah satu episode ‘Going Seventeen 2019’, para member mengadakan rapat untuk bertukar pikiran demi mendapatkan ide konten. Dari rapat tersebut, anggota Seventeen membuktikan diri mereka sebagai ‘self-producing idol’ saat mereka memunculkan beragam ide konten brilian dan mengembangkan sendiri ide-ide tersebut. Mulai dari sitkom tanpa script, room escape game, meokbang, traveling show, petak umpet, uji nyali, acara debat, hingga mafia game, ide-ide segar tersebut selalu membuat penonton menunggu-nunggu konten seperti apa yang akan mereka tampilkan setiap minggu.

Sumber: Seventeen Official Twitter
  • Ide Permaian yang Segar (dan Sedikit Gila)

Saat para anggota mengembangkan sendiri ide konten mereka, pemirsa selalu penasaran bagaimana ide tersebut bakal dieksekusi. Bahkan ide konten yang masih berupa konsep akan berubah menjadi konten yang mengocok perut berkat besutan kru ‘Going Seventeen’. Kru dari acara ini benar-benar top dalam hal desain konten. Mulai dari episode yang pengambilan gambarnya dilakukan dalam ruangan seperti ‘Debate Night’, ‘Seventeen Ad-lib’, ‘Insomnia Zero’, ‘Christmas in August’, ‘The8 and the 12 Shadows’, ‘Seungkwan Boo’s Past Life Destiny’, hingga episode berskala besar seperti ‘Four-wheeled Rider’, ‘Bad Clue’, ‘Don’t Lie’, ‘The Tag’, ‘Mousebusters’, ‘SVTSide Out’, mereka terus mengejutkan penonton, bahkan membuat kita berpikir, “Bisa-bisanya mereka kepikiran untuk bikin konten seperti ini?”

Sumber: Seventeen Official Youtube
  • Tingkah Kocak Member Seventeen

Pernahkah kamu menonton sebuah acara yang membuatmu berpikir, “Orang-orang ini sebenernya lagi kesurupan apa sih?”. Itu pula yang banyak orang pikirkan saat menonton ‘Going Seventeen’. Setiap episode selalu dipenuhi dengan lelucon, tingkah gila, hingga humor slapstick para member-nya. Nilai plusnya di sini adalah, penonton tidak harus jadi fans Seventeen untuk memahami lelucon mereka, meskipun mereka terkadang melemparkan inside jokes. Kesemua personel Seventeen lucu dengan caranya sendiri, mulai dari trio lawak Seungkwan, Dokyeom, Hoshi; Joshua, Woozi, The8 yang savage; Jeonghan yang hobi berbuat curang; Mingyu yang teraniaya; leader kocak S.Coups; Jun yang hiperaktif; maknae Dino yang selalu penuh semangat; Wonwoo yang ganteng tapi absurd; dan member yang terlihat paling ‘waras’ Vernon. Setiap anggota berhasil memikat penonton dengan pesonanya masing-masing. Kelucuan member Seventeen terlihat sangat alami, bahkan membuat penonton bertanya-tanya apakah mereka benar idol group dan bukannya grup lawak.

Sumber: Seventeen Official Youtube
  • Chemistry Member Seventeen

Salah satu tujuan penayangan reality show adalah untuk menunjukkan chemistry antara anggota grup karena banyak penggemar berharap untuk melihat ‘persahabatan nyata’ di antara para idol ini. Dalam ‘Going Seventeen’ kita bisa melihat berbagai macam chemistry yang terbentuk dari 13 kepribadian berbeda member Seventeen. Tumbuh bersama sejak masa remaja, persahabatan member Seventeen selalu tampak alami. Hampir tidak ada momen membosankan atau canggung saat kita menonton interaksi tiap member Seventeen. Chemistry yang biasa kita temukan di antaranya Seungkwan dan Mingyu yang selalu cekcok; Seungkwan dan Dino yang selalu bersaing; teman sebaya Hoshi dan Wonwoo; duo ‘gila’ Dokyeom dan Hoshi; 95 liner S.Coups, Jeonghan, Joshua; maknae line Seungkwan, Vernon, Dino; China line Jun dan The8; 218 bersaudara Dokyeom dan Vernon (218 mengacu pada ulang tahun mereka, 18 Februari) akan membuat hari-harimu jadi ceria dengan tingkah polah mereka.

Sumber: Seventeen Official Youtube
  • Chemistry Antara Member Seventeen dan Kru ‘Going Seventeen’

Member Seventeen sepenuhnya menyadari bahwa acara ini tidak dapat meraih kesuksesan seperti sekarang tanpa bantuan kru ‘Going Seventeen’. Para member juga sering mengungkapkan ucapan terima kasih terhadap kru atas kerja keras mereka. Dan sebagai gantinya, kitapun dapat melihat dengan jelas upaya kru dalam memaksimalkan potensi humor anggota dan mengubah ide konten dari para member yang masih berupa konsep menjadi konten-konten yang inovatif. Sinergi dan rasa saling percaya antara anggota Seventeen dan kru ‘Going Seventeen’ jelas membuat acara ini semakin menghibur.

  • Caption yang Jenaka

Kru ‘Going Seventeen’ sekali lagi membuktikan kualitas mereka melalui caption super kocak dan jenaka (bahkan terkadang savage). Meskipun banyak penggemar internasional yang mungkin tidak dapat menangkap lelucon yang dimasukkan ke dalam setiap caption, namun ini jelas merupakan salah satu nilai plus dari ‘Going Seventeen’ jika dilihat dari perspektif fans domestik. Banyak pentonton Korea yang memuji kru ‘Going Seventeen’ berkat caption-caption mereka cerdas dan jenaka. Caption yang muncul di acara ini bahkan seringkali menjadi meme yang viral di Twitter, Facebook, atau forum komunitas online lainnya. Selera humor tim editing dan kemampuan mereka untuk menangkap tren kata-kata kekinian di kalangan generasi muda Korea adalah salah satu poin membedakan ‘Going Seventeen’ dari idol reality show lainnya.

Sumber: Seventeen Official Twitter

‘Going Seventeen’ menyelesaikan musim 2020-nya dengan sukses pada 18 Januari 2021, di mana keempat puluh tujuh episodenya memperoleh lebih dari 100 juta views di Youtube. Acara ini sendiri sedang dalam masa hiatus selama lima minggu untuk mempersiapkan produksi Going Seventen 2021′ yang lebih seru dan menghibur di jam tayang barunya setiap hari Rabu pukul 21:00 KST mulai tanggal 3 Maret 2021.

What do you think?

13 points
Upvote Downvote
Super Rookie

Written by StumbledUpon99

Content Author

Tinggalkan Balasan

Gohyeon

Siwoo