in ,

Percakapan Bahasa Korea dengan Teman: Edisi Bahasa Gaul atau Slang

Sumber: Rakuten Viki

Annyeonghaseyo chingudeul! Materi belajar kali ini kita akan membahas seputar percakapan Bahasa Korea dengan teman, khususnya bahasa gaul. Seperti kita tahu bahwa Bahasa Korea mempunyai beberapa tingkatan, yaitu formal, informal, dan banmal. Banmal biasanya digunakan untuk percakapan sehari-hari dengan teman, orang yang lebih muda, atau orang yang sangat dekat hubungannya agar lebih akrab. Selain banmal, anak muda di Korea juga suka menggunakan slang atau menciptakan istilah-istilah baru yang terdengar gaul dan keren. Yuk, kita pelajari beberapa bahasa gaul tersebut!

1. ํ˜„์›ƒ (Hyeonut) โ€“ Percakapan Bahasa Korea dengan Teman di Media Sosial

percakapan bahasa korea dengan teman
Sumber: ๋ชฝ๊ฐ€์•ผ๊น Youtube

ํ˜„์›ƒ (Hyeonut) merupakan gabungan dari dua frasa yang disingkat. Kata ini berasal dari frasa ํ˜„์‹ค์—์„œ (hyeonsireseo) yang secara literal berarti “pada kenyataannya”, dan kata ์›ƒ์Œ (useum) yang artinya tertawa. Dilihat dari konteksnya, istilah ini lebih bermakna kamu benar-benar sedang tertawa terbahak-bahak atau dalam Bahasa Inggris โ€œLOLโ€. Biasanya istilah ini dipakai saat menonton sesuatu yang sangat lucu atau sedang menggunakan SNS. Kalian bisa memakai istilah ini selain mengetik ใ…‹ใ…‹ใ…‹ใ…‹ (kkkk) untuk mengekspresikan sesuatu yang lucu sampai membuatmu terbahak-bahak.

2. ํ–‰์‡ผ (Haengsyo) – Percakapan Bahasa Korea dengan Teman

percakapan bahasa korea dengan teman

})(jQuery);

Sumber: TV-People YouTube

Nah kalau ini mungkin sebagian dari kalian sudah bisa menebak. Yup, clue-nya ada di kata ํ–‰ (haeng). Istilah ini sering digunakan dalam konteks percakapan Bahasa Korea dengan teman. Kata ini kependekan dari kalimat ํ–‰๋ณตํ•˜์‹ญ์‹œ์˜ค (haengbokhasipsio) yang artinya bergembiralah. Kalian bisa menggunakan ini untuk menyemangati teman saat mereka sedang sedih atau sedang menghadapi masalah.

3. ์งค (Jjal)

Sumber: X1 Premier Show-Con Kakao Tv

Kalau dua kosakata gaul yang kita bahas di atas adalah bentuk percakapan Bahasa Korea dengan teman, kata ์งค (jjal) ini termasuk istilah gaul di internet yang artinya foto. Yang umum kita tahu Bahasa Korea untuk “foto” adalah ์‚ฌ์ง„ (sajin). Jika kita sedang melakukan penelusuran di mesin pencari, pasti kita akan sering menjumpai kata ์งค (jjal) di penelusuran terkait. Selain itu juga ada istilah ์›€์งค (umjjal) yang artinya gambar bergerak atau animasi (GIF).

4. ๊ฟ€ํŒ (Kkultip)

percakapan bahasa korea dengan teman
Sumber: SCHMC

๊ฟ€ํŒ (Kkultip) adalah gabungan dari kata ๊ฟ€ (kkul) yang artinya madu dan ํŒ (tip) yang berarti tip atau saran. Eits, tapi ๊ฟ€ disini bukan diartikan secara denotasi ya. ๊ฟ€ disini lebih mengacu ke makna konotasi yaitu untuk mengekspresikan sesuatu yang luar biasa. Kalau dalam Bahasa Inggris, kita memakai istilah gold/ golden untuk mendeskripsikan sesuatu yang hebat atau luar biasa. Dalam Bahasa Korea, mereka menggunakan istilah “madu”. Jadi kamu bisa menggunakan istilah ๊ฟ€ํŒย  (kkultip) dalam percakapan Bahasa Korea dengan teman ketika ada seseorang yang memberikan tip atau saran yang sangat berguna atau luar biasa, dan tidak kuno.

5. ๋ถˆ๊ธˆ (Bulgeum)

Sumber: Yonhap News Agency

๋ถˆ๊ธˆ (Bulgeum) merupakan istilah gabungan dari dua frase yang disingkat, yaitu ๋ถˆ (bul) yang artinya api dan ๊ธˆ์š”์ผ (geumyoil) yang artinya hari Jumat. Dalam Bahasa Inggris, kata gaul ini memiliki arti yang sama dengan TGIF (Thanks God, Itโ€™s Friday!). Istilah ๋ถˆ๊ธˆ adalah sebuah ekspresi semangat atau antusiasme untuk menyambut akhir pekan yang menyenangkan. Kita tahu bahwa hari Jumat adalah hari yang sangat dinanti semua orang, khususnya anak muda karena esok hari mereka sudah bisa menikmati akhir pekan.

6. ๊นœ๋†€ (Kkamnol) โ€“ Percakapan Bahasa Korea dengan Teman Sehari-hari

Sumber: Babyrock23 Blog

Sama polanya dengan bahasa gaul di atas, ๊นœ๋†€ (kkamnol) juga singkatan dua frasa yang digabung, yaitu ๊นœ์ž‘ ๋†€๋ผ๋‹ค (kkamjag nollada) yang berarti terkejut. Istilah ini digunakan untuk mengekspresikan saat kita terkejut atau kaget secara tiba-tiba.

7. ๋‡Œ์„น๋‚จ (Noesengnam)

Sumber: Naver

Kosakata gaul yang satu ini merupakan gabungan dari tiga kata, yaitu ๋‡Œ (noe) berarti otak, ์„น์‹œํ•˜๋‹ค (seksihada) yang artinya seksi, dan ๋‚จ์ž (namja) yang berarti pria. Istilah ini sangat populer di kalangan anak muda Korea. Kata gaul ini digunakan untuk menggambarkan seorang pria yang menarik dan juga cerdas. Wah, terdengar sempurna sekali ya!

 

Via Kepoper.com