in ,

Belajar Kata Penunjuk Tempat Bahasa Korea

Penunjuk tempat Bahasa Korea
Sumber: www.facebook.com/KoreaWorkingHolidayInJeju/

Sobat Kepoper yuk belajar tentang kata penunjuk tempat Bahasa Korea.. Masih bingung ga sih saat kita mau ngomong kalimat “tempat ini”, “tempat itu”, “di situ”, atau “di sana” pakai Bahasa Korea? Nah, di Belajar Bahasa Korea kali ini, kita akan membahas tentang kata tunjuk untuk tempat. Langsung aja disimak dan praktekan ya.. 

1. Sini (여기 & 이곳 ) 

Penunjuk tempat Bahasa Korea yang pertama adalah 여기 (yeogi) yang berarti ‘sini’. Dari arti tersebut, kita sudah bisa merasakan kalau tempat yang dimaksud adalah tempat yang dekat dengan kita. Ada beberapa keadaan kita bisa pakai kata 여기 (yeogi) alias ‘sini’. Pertama, saat pembicara dan pendengar berada di tempat yang sama. Contoh nya, “Apa yang akan kita lakukan di sini?” = 우리가 여기에서 무엇을 할거에요? (uriga yeogieseo mueoseul halgo-eyo?). Kedua, menunjuk tempat yang dekat (di sekitar) dengan pembicara dan pendengar. Misalnya, 책이 여기에 있어요 (chaegi yeogie isseoyo) = “Bukunya ada di sini”. Ketiga, mengacu pada tempat yang dekat dengan pembicara. Misalkan saat menelpon kita berbicara “Di sini aku bekerja sampai malam” = 여기서 나는 밤까지 일한다 (yeogiseo naneun bamkkaji ilhanda). Meskipun pendengar berada jauh atau ditempat berbeda, kata 여기 (yeogi) tetap bisa digunakan. Sedangkan kata 이곳 (igot) berarti “tempat ini”. Kalau kita mau pakai kata 이곳 (igot) untuk contoh kalimat pertama, maka menjadi 우리가 이곳에서 무엇을 할거에요? (uriga igoseseo mueoseul halgo-eyo?) = “Apa yang akan kita lakukan di tempat ini?”. 

Penunjuk tempat bahasa korea
Sumber: tvple.co33.kr

2. Situ (거기 & 그곳) 

Penunjuk tempat Bahasa Korea yang berikutnya adalah 거기 (geogi) yang berarti “situ” dan 그곳 (geugot) alias “tempat itu”. Kalau kata penunjuk ini kita pakai saat mengacu pada tempat yang lebih dekat dengan pendengar daripada dengan pembicara. Contohnya kalimat ini, “Tolong tunggu sebentar di situ” = 거기에서 조금만 기다려 주세요 (geogieseo jogeuman gidaryeo juseyo). Atau saat kita chatting dan berkata “Jam berapa di situ?” = 거기 몇 시예요? (geogi myeot siyeyo?). Dari dua contoh itu, kata 거기 (geogi) bisa dipakai saat pembicara dan pendengar berada di tempat yang sama ataupun berbeda, yang terpenting adalah tempat yang ditunjuk lebih dekat dengan si pendengar. Nah, ini dia contoh kalau kita pakai kata 그곳 (geugot). 책이 그곳에서 놔주세요 (chaegi geugoseseo noa juseyo) = “Tolong tinggalkan bukunya di tempat itu” atau 그곳에서는 몇 시예요? (geugoseseoneun myeot siyeyo?) = “Di tempat itu jam berapa?”. 

penunjuk tempat bahasa korea

Sumber: tv.kakao.com

3. Sana (저기 & 저곳) 

Kata penunjukan yang terakhir ini digunakan untuk tempat yang sama-sama jauh dari pembicara dan pendengar, bisa tempat yang terlihat secara langsung oleh mereka atau tempat yang tidak terlihat. Kata 저기 (jeogi) artinya “sana” sedangkan kata 저곳 (jeogot) berarti “tempat sana”. Tapi bisa juga berarti “tempat itu” karena ada sedikit perbedaan sense antara Bahasa Korea dengan Bahasa Indonesia. Misalnya dalam kalimat 저 맞지? (jeogi matji?) = “Betul di sana kan?”; 저곳은 무엇입니까? (jeogoseun muosimnika?) = “Tempat apa itu?”. Penunjuk tempat Bahasa Korea 저곳 (jeogot), juga kata 그곳 (geugot) dan 이곳 (igot), memang tidak terlalu sering dan terasa lebih kaku. Makanya orang Korea lebih sering pakai kata tunjuk 여기 (yeogi), 거기  (geogi), dan 저기 (jeogi). Atau mereka langsung pakai kata tempat yang dimaksud, misal kata di kantor (사무실에서 – samusileseo), di rumah (집에서 –  jibeseo), dll. 

penunjuk tempat bahasa korea
Sumber: theqoo.net

Itu tadi bahasan yang bisa kita pelajari bersama. Terus dilatih ya supaya kita lebih mahir setelah Belajar Bahasa Korea kali ini.

Sumber: www.bumikorea.com

What do you think?

Super Rookie

Written by little-a

VisualContent Author

Tinggalkan Balasan

yoo ah in

Yoo Ah In

fakta lee do hyun

Main Drama 18 Again, Ketahui 5 Fakta Menarik tentang Mas Kunang-kunang